Breaking News

Bakal Calon Wakil Bupati Magetan, Berijazah Paket C


Magetan,SuaraKita – Salah satu bakal calon wakil bupati Magetan periode 2018 – 2023, diketahui hanya berijasah Paket C  atau setara SMA. Informasi ini berawal dari obrolan beberapa masyarakat Magetan, saat di warung kopi. Masyarakat menyayangkan seorang calon pemimpin, yang hanya mempunyai ijasah paket c untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati. Walau sebenarnya tidak ada masalah, namun, menurut Kamto salah satu warga masyarakat magetan ,saat diminta pendapatnya tentang adanya informasi tersebut mengatakan, seharusnya calon pemimpin daerah itu mempunyai kualitas pendidikan yang layak untuk diperhitungkan. “ kalau lulusannya hanya paket c berarti SMA saja itu tidak lulus, setahu saya paket c itu diperuntukkan bagi siswa yang tidak lulus ujian saat menempuh sekolah menengah atas, lalu mengikuti ujian kesetaraan. Ya kalau calon pemimpinnya saja hanya lulusan paket c, Magetan kedepannya mau dibawa kemana,” kata sukamto.

Pernyataan Dinas Pendidikan Magetan

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Magetan, Joko Santoso membenarkan mengenai ijasah paket c yang dimiliki oleh salah satu kandidat bakal calon wakil Bupati Magetan. “ memang betul salah satu kandidat bakal calon wakil Bupati Magetan ijasahnya hanya paket c, dan sudah kami legalisir untuk keperluan verifikasi persyaratan di KPU. Sejauh ini tidak ada masalah dalam ijasah tersebut, kemaren hanya kesalahan abjad pada nama saja, dan sudah dibenahi oleh yang bersangkutan.  Dalam ijasah bertuliskan Nur Wakhid akan tetapi pada kartu tanda penduduknya hanya Nur Wahid, akan tetapi hal itu sudah dibenahi oleh beliau (Nur Wakhid). Untuk hal yang lain mengenai ijasah Nur Wakhid tidak ada masalah apa-apa dan ijasahnya dinyatakan asli. Kami dari Dinas Pendidikan juga tidak berani mengatakan itu asli, kalau tidak disertai data pendukung lainnya,” jelas Joko hari ini ( 17/01)
Paket c itu, setara dengan sekolah menengah atas lainnya, hanya saja, kalau paket c sekolahnya tidak setiap hari. Bisa seminggu dua kali, atau seminggu 3 kali. Namun yang perlu diketahui bersama, status dari paket c tersebut statusnya sama dengan sekolah reguler. Bisa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan setara,” tambah Joko.

Informasi KPU Magetan

Ditanya mengenai kelengkapan dokumen administrasi , termasuk juga dengan ijasah para kandidat, Hendrad Subyakto Ketua KPUD Magetan menegaskan, untuk persayaratan bakal calon bupati Magetan, masih kami periksa semua. Nanti tanggal 20 Januari 2018 akan kami umumkan semuanya ke publik, dan mengenai ijasah dari masing-masing kandidat, sejauh ini tidak ada masalah. Asalkan pihak sekolah mau memberikan legalisir pada ijasah mereka, itu sudah cukup. Kalaupun ada kejanggalan pada ijasah para kandidat, upaya kami untuk hal itu adalah dengan mendatangi sekolah yang bersangkutan untuk menanyakan keabsahan dari ijasahnya. Namun, sejauh ini tidak kami temukan adanya kejanggalan dari ijasah para kandidat yang sudah mendaftar ke KPU,” Tegas Hendrad kepada SuaraKita. (red/nov)